Senin, 05 November 2012

Upacara Bendera: Sarana Berlatih Kedisiplinan

Upacara Bendera
Setiap hari senin, siswa SMAN 1 Tanggul mengkuti upacara bendera. Kegiatan ini merupakan media untuk melatih kedisiplinan siswa. Bagaimana seorang siswa harus belajar datang tepat waktu (sebelum pukul 07.00), berpakaian rapi (memakai topi, dasi, ikat pinggang, sepatu sesuai seragam), dan berlatih disiplin dalam berbaris dan mengikuti jalannya upacara.
Untuk menegakkan kedisiplinan yang kelak berguna bagi masing-masing diri siswa, setiap siswa yang melanggar ketentuan yang telah ditetapkan diberi sanksi. Bukan bermaksud untuk menurunkan harkat dan martabat siswa pelanggar aturan, tapi untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa terhadap diri sendiri.

Selain melatih kedisiplinan dan rasa cinta tanah air, upacara bendera yang dilaksanakan di SMAN 1 Tanggul juga melatih seluruh siswa untuk memiliki jiwa pemimpin. Hal ini terbukti dengan bergantinya petugas upacara setiap minggunya. bergantian masing-masing kelas. Kecuali dalam peringatan hari besar kenegaraan, petugas upacara khusus diambil dari anggota ekstrakurikuler Paskibra dan ekstrakurikuler Paduan Suara.

Tidak ada komentar: